12 December 2008

Menu Ala Hokben

Menu Hokben ala Mom’s

Wiken kemaren khan long wiken bener tuh buat aku coz office libur mulai jumat sampe senin, dan mumpung libur si Kakak yang demen banget ma menu hokben request menu itu yang katanya ”Mama bisa engga masak kayak di hokben” hehehe ya dicoba aja deh kak......akhirnya wiken bikin menu beef teriyaki, udang tempura, carrot salad, udang mayo dan yang gak kepoto aliyas udah abis ada fruit salad, puding, baso, dll (gile banyak amir yah kekekek)

Udang Tempura : hampir sama deh dengan udang goreng mayo, cuman bedanya aku ga pake tepung terigu langsung breadcrumbnya aja

Beef Teriyaki
Bener-bener sebisaku deh bikinnya hehehhe, namanya juga usaha untuk anak....

Bahan :

  • 250 gr daging sapi iris tipis dan klo aku dipukul pake palu daging bentar (bisa beli jadi nieh daripada pegel ngirisin kayak aku maren hehe)
  • 2 siung bawang bombay uk. sedang
  • marinade teriyaki kikkoman (selain untuk merendam daging aku tambahkan juga saat numis)
  • 1 sdm minyak wijen
  • 1 sdm raja rasa
  • 1 sdm kecap ikan
  • garam
  • merica bubuk
  • bawang putih cincang
  • 2 sdm saus tiram
  • 1 sdm margarin

Cara :

  1. Rendam irisan daging sapi dengan marinade teriyaki biarkan kurleb 30 menit agar meresap
  2. Tumis bawang putih dengan margarin sampai harum, masukkan daging sapi
  3. Tambahkan bahan-bahan lainnya biarkan sampai daging sampai empuk (nanti keluar airnya ya)
  4. Terakhir masukkan bawang bombay, angkat sajikan hangat pake nasi anget wuiiiih....

Komentar si kakak ”enak mah kayak di hokben .....tapi dagingnya kurang empuk” hahahahaha yo wes lain kali dibuat lebih empuk lagi yah kak.......

Carrot Salad

Gampang banget tinggal parut panjang wortel import
bisa ditambahkan kubis potong tipis-tipis
sausnya pake saus mayo sama dengan udang mayo itu

Udang Goreng Mayonaise

Udang Goreng Mayonaise
ala Mom’s (mohon maaf klo ga sesuai pakem)

Bahan :

250 gr udang buang kulitnya sisakan bagian ekor, bersihkan dan lumuri air jeruk lemon/nipis
3 sdm tepung terigu
tepung roti/breadcrumb secukupnya
1 butir telur kocok lepas

perendam udang :

1 sdm kecap ikan
1 sdm minyak wijen
merica bubuk
garam

mayonaise :

2 sdm mayonaise
1 sdm susu kental manis
1 sdm air jeruk lemon (ato sesuai selera)
oregano (selera juga soale aku seneng banget ma italian herb yang harumnya khas)
Campur semua bahan jadi satu

Caranya :

Rendam udang (yang sudah dilumuri air jeruk) dengan bahan perendam, biarkan kurleb 15-30 menit
Masukkan dalam kocokan telur, gulingkan di tepung (me : tepung terigu dulu baru breadcrumb bisa juga cuman salah satunya aja sesuai selera ndiri2 ya)
Goreng dalam minyak panas
Sajikan dengan saus mayonaise


03 December 2008

Cupcake

Swirl Cupcake for Baby Keyza



Cupcake utk selapanan Baby Keyza, dibuat simple aja.....cupcake pake buttercake vanilla dihias bc dan yang paling gampil dihias pale swirl 1 M hehehe secara gak ahli menghias2 yang aneh2 gituuuuuu.
bc Swirl aku contek dari bc pelanginya Maki (makasih yah idenya maki) karena khan anak-anak yach jadi biar ceria gituh, bagian atasnya aku beri fondan huruf K.

Semoga jadi anak yang berbakti sama orang tua ya...

Baptism Cake for ADEK

Lucu yach couples bear dengan 2 teknik pembuatan yang berbeda, hasil diskas cewe-cewe cakep (huaaa narsis) dan para suhu yang nodong di rumah Ipoet. Jangan ngiri yach kedua bear itu buat adek loh kekeke makasih banyak tante-tante cantik (biar besok-besok dikasih lagi nieh :P). Yang ikutan diskas dirumah ipoet ada tante monica, tante raras n de’ lila, tante lia, tante nana, of course me and the gank yang dateng buncit pulang duluan bawa kuwe lagi hahahaha.

Ceritanya hari sabtu minggu kemaren diskas nodong ipoet dan mbak monica utk ketemuan latian carving cake, akhirnya disepakati diadakan dirumah ipoet dan kebetulan juga hari minggunya adek mau dibaptis jadi mama sekalian nebeng cakenya juga hehehe ternyata dapetnya malah couples bear loh (kayak buy 1 get 1 free ya hehehe)

Oiwya adek berubah nama belakang loh, mohon maap klo bikin bingung yang baca yah........secara belum terdaftar aktenya maka dimantapkan hati dibulatkan tekad melalui doa dan renungan, ternyata dapet inspirasinya sesaat setelah pembekalan orang tua baptis oleh romo di gereja Roh Kudus-Purimas waktu itu memandang lukisan JESUS yang buesar banget dengan pandangan matanya yang menyejukkan.....jadilah :

CHRISTOPER ABIMANYU SATRIANALENDRA

Adek digendong mama, with mbah kung, papa, romo, kakak dan mbah uti

Foto-foto lengkapnya di Multiply aja yah

Okeh back to teddy bear, untuk step-stepnya untuk bear yang dicarving perbagian badan ada di MP mbak Raras disini dan untuk carving keseluruhan disini

01 December 2008

Jajanan Jawa Timuran : Semanggi


SEMANGGI SUROBOYO

Satu lagi SEMANGGI ato ada yang nyebut pecel semanggi yah, makannya pake pincuk daun pisang dan sendoknya pake krupuk puli yang tipis tapi lebar (krupuk yang terbuat dari beras/nasi). Semanggi yang direbus bentar ditambah kecambah pake bumbu (ato saosnya) seperti bumbu pecel ditambah ketela rambat yang dihaluskan dan petis, klo doyan pedes ditambah sambel.

Gini nieh cara makannya

Dari jaman jadoel aku masih kecil dulu yang jualan ibu-ibu gendongan sambil teriak ”Semanggiiiii” nyaring banget, akhirnya mulai jarang ditemukan ibu penjual semanggi keliling tapi untungnya pas aku pindah rumah di daerah Medokan Ayu ada penjual keliling yang setia setiap hari sabtu minggu lewat kurleb jam 10an deh dan klo lewat depan rumahku tuh teriakannya makin kenceng azaaa keekekekeke dan sekarang klo kita pengen boking tinggal telpon aja tuh (makin canggih ya bakule). Rangga doyan banget loh ama semanggi ini walo kadang ga habis tapi krupuk pulinya bisa nambah sampe 3 kali hehehehe....


Penjual Semanggi sekarang semakin langka deh pengen rasanya melestarikan jajanan khas suroboyoan yang selalu ngangeni karena khas itemnya hehehe.

daun semanggi yang siap dimakan (kok kayak tumpukan daun kering yah :P)

ini foto daun semanggi segar

foto ambil dari tanamanherbal.wordpress.com

Jajanan Jawa Timuran

LONTONG KUPANG

Salah satu dari sekian banyak makanan favorit aku (hiaaa apa yang ga doyan kayaknya ga ada deh)...lontong kupang, sejenis ato sekelas kerang2an kali yah aku sendiri ga begitu tau bentuknya sebelum dibersihkan dan jadi makanan enyak.

Pepatah mengatakan klo tidak kenal maka tidak akan sayang mungkin ga berlaku untuk banyak orang yang asalnya bukan dari jawa timur (baca : tidak kenal lontong kupang) ato bahkan penduduk asli jawa timur sendiripun dengan kategori tidak suka juga tidak sedikit (mbulet yah tata bahasane hehehe ini belajar mo jadi tukang liput yang ga pinter mengarang).

Lontong Kupang banyak banget di Surabaya dan Sidoarjo, aslinya dari mana dari kedua kota tsb aku ga tau pasti yang jelas makanan ini buat lidah aku enyak banget. Disajikan dengan bumbu petis, cabe rawit merah, bawang putih goreng, jerut nipis, lento (ga tau bahasa indonesanya, lentonya dari ketela pohon diparut halus dikepal2 dan digoreng) dan lontong lalu disiram kupang dan kuahnya yang berbau khas...............hmmmmm menggugah selera. Konon katanya klo makan lontong kupang ini minumnya mesti air kelapa muda (katanya untuk menetralisir kupang itu sendiri biar ga keracunan klo ga tahan) CMIIW ya coz aku sendiri aman-aman aja koq hehehehe dah kebal kali ya.

kupang tampak dekat

Jadi klo maen ke Surabaya ato Sidoarjo jangan lupa incipi satu menu ini yach selain Rujak Cingur dan lontong balap, klo mau beli sekalian jalan-jalan bisa tuh di kenjeran lama banyak banget penjualnya cuman harus pinter-pinter milih tempat pilih yang nurut kita higienis nah abis makan bisa meluncur ke pasar dengan aneka kripik misalnya : tripang, dsbnya (banyak banget dan harus pinter nawar loh). Jadi keinget jaman kuliah dulu klo pas jam kosong larinya ma anak-anak makan kupang di kenjeran (don’t be negative thinking loooooooh satu kampus cewe semuah bok hahahaha)



LinkWithin

Related Posts with Thumbnails