01 December 2008

Jajanan Jawa Timuran : Semanggi


SEMANGGI SUROBOYO

Satu lagi SEMANGGI ato ada yang nyebut pecel semanggi yah, makannya pake pincuk daun pisang dan sendoknya pake krupuk puli yang tipis tapi lebar (krupuk yang terbuat dari beras/nasi). Semanggi yang direbus bentar ditambah kecambah pake bumbu (ato saosnya) seperti bumbu pecel ditambah ketela rambat yang dihaluskan dan petis, klo doyan pedes ditambah sambel.

Gini nieh cara makannya

Dari jaman jadoel aku masih kecil dulu yang jualan ibu-ibu gendongan sambil teriak ”Semanggiiiii” nyaring banget, akhirnya mulai jarang ditemukan ibu penjual semanggi keliling tapi untungnya pas aku pindah rumah di daerah Medokan Ayu ada penjual keliling yang setia setiap hari sabtu minggu lewat kurleb jam 10an deh dan klo lewat depan rumahku tuh teriakannya makin kenceng azaaa keekekekeke dan sekarang klo kita pengen boking tinggal telpon aja tuh (makin canggih ya bakule). Rangga doyan banget loh ama semanggi ini walo kadang ga habis tapi krupuk pulinya bisa nambah sampe 3 kali hehehehe....


Penjual Semanggi sekarang semakin langka deh pengen rasanya melestarikan jajanan khas suroboyoan yang selalu ngangeni karena khas itemnya hehehe.

daun semanggi yang siap dimakan (kok kayak tumpukan daun kering yah :P)

ini foto daun semanggi segar

foto ambil dari tanamanherbal.wordpress.com

1 komentar:

Lidia Sianturi said...

wah enak nih...d kudus jg ada..dijual keliling sama mbok2...aku suka sekali...

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails