01 December 2008

Jajanan Jawa Timuran

LONTONG KUPANG

Salah satu dari sekian banyak makanan favorit aku (hiaaa apa yang ga doyan kayaknya ga ada deh)...lontong kupang, sejenis ato sekelas kerang2an kali yah aku sendiri ga begitu tau bentuknya sebelum dibersihkan dan jadi makanan enyak.

Pepatah mengatakan klo tidak kenal maka tidak akan sayang mungkin ga berlaku untuk banyak orang yang asalnya bukan dari jawa timur (baca : tidak kenal lontong kupang) ato bahkan penduduk asli jawa timur sendiripun dengan kategori tidak suka juga tidak sedikit (mbulet yah tata bahasane hehehe ini belajar mo jadi tukang liput yang ga pinter mengarang).

Lontong Kupang banyak banget di Surabaya dan Sidoarjo, aslinya dari mana dari kedua kota tsb aku ga tau pasti yang jelas makanan ini buat lidah aku enyak banget. Disajikan dengan bumbu petis, cabe rawit merah, bawang putih goreng, jerut nipis, lento (ga tau bahasa indonesanya, lentonya dari ketela pohon diparut halus dikepal2 dan digoreng) dan lontong lalu disiram kupang dan kuahnya yang berbau khas...............hmmmmm menggugah selera. Konon katanya klo makan lontong kupang ini minumnya mesti air kelapa muda (katanya untuk menetralisir kupang itu sendiri biar ga keracunan klo ga tahan) CMIIW ya coz aku sendiri aman-aman aja koq hehehehe dah kebal kali ya.

kupang tampak dekat

Jadi klo maen ke Surabaya ato Sidoarjo jangan lupa incipi satu menu ini yach selain Rujak Cingur dan lontong balap, klo mau beli sekalian jalan-jalan bisa tuh di kenjeran lama banyak banget penjualnya cuman harus pinter-pinter milih tempat pilih yang nurut kita higienis nah abis makan bisa meluncur ke pasar dengan aneka kripik misalnya : tripang, dsbnya (banyak banget dan harus pinter nawar loh). Jadi keinget jaman kuliah dulu klo pas jam kosong larinya ma anak-anak makan kupang di kenjeran (don’t be negative thinking loooooooh satu kampus cewe semuah bok hahahaha)



0 komentar:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails