26 February 2009

Rawon



Akhirnya punya kesempatan ikutan masbar yang dimotori sama shinta, ayin n deetha apalagi menunya pas kesukaan orang serumah nieh rawon hyup....kali ini selain pake daging rawonan yang khas itu aku pake iga juga kesukaan hubby.

Awalnya mo pake bumbu instan tapi koq pengen rada ribet yah akhirnya dipilih resep mbakyu Lia dengan sedikit menyesuaikan kondisi yang ada di dapurku wes dinikmati aja ya....

RAWON (IGA)

Bahan:
300 gr daging (paling enak bagian sandung lamur), potong2 dadu
300 gr Iga
1 liter air (sesuai selera)
2 batang sereh, geprak
3 cm lengkuas, geprak
5 lembar daun jeruk, buang tulang daunnya
2 sdt air asam (aku ga pake lah stoknya pas abis)
Garam & gula pasir secukupnya
4 tangkai daun bawang, bersihkan & potong 2-3cm
4 sdm minyak sayur untuk menumis

Bumbu halus:

  • 2 buah cabe merah
  • 8 butir bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 2 sdt ketumbar sangrai
  • ½ sdt jintan sangrai
  • 2 cm kunyit
  • 2 cm jahe
  • 1 cm kencur (optional à ga pake )
  • 4-5 buah keluak yang bagus, ambil dagingnya aja ya (yang paling penting disini nieh utk kuah rawon jangan lupa diicip yah kluwaknya sebelum dipake karena kadang ada yang pahit)

Pelengkap:

  • Taburan bawang goreng
  • Sambel terasi
  • Taoge pendek yang udah dibersihkan
  • Krupuk udang
  • Telur asin

Cara:
  1. Rebus air sampe mendidih.
  2. Sementara nunggu mendidih panasin minyak, tumis bumbu halus, sereh, lengkuas dan daun jeruk sampe wangi dan pekat.
  3. Masukin potongan daging & air asam, aduk2 sambil terus ditumis sampe daging berubah warna dan kaku.
  4. Masukin tumisan ke dalam air yang sedang mendidih, tambahin garam & gula pasir, tutup & kecilin api. Masak sampe daging menjadi empuk (maren aku ga pake presto coz hubby ga mau jadi masak pake api sedeng kurleb 1,5 jam deh).
  5. Setelah daging empuk, masukin irisan daun bawang. Aduk rata & didihkan sekali lagi, angkat.
  6. Sajikan hangat dengan nasi putih dan pelengkap.



.

5 komentar:

A.G said...

Aku datang doloan nyicip rawonya :)

Makasih ya mBak Desy udah ikutan masak Bareng

Udah ikutan voting belom untuk menu bulan depan ? Klik disini ya

http://masakbarengyuuk.blogspot.com/

Shinta said...

Wow... rawon iga, pasti yummy!!
Finally, you could join the event. Thanx ya Des.. :)

Rurie said...

Ikutan ngicip rawon donk.....punyaku juga udah mateng tuh :)

anan said...

Gimana ya rasanya rawon iga??..... ngiler nih

Harto said...

waduh jadi kangen rawon nih.......kayake enak ya makan rawon yang panas tur pedes, dijamin gobyos (begitu jare orang rembang). Maturnuwun ya Mbak telah membuat aku makin kangen untuk pulang ke Indonesia......

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails